Jumat, 16 Desember 2011

RAM


 
RAM (Random Accces Memory) , pastinya temen-temen sering denger dan sering melihat benda pada gambar diatas . yap RAM namanya adalah salah satu perangkat keras atau bagian dari sebuah pc yang tak luput dari para user , karena selain processor RAM juga merupakkan komponen yang penting dalam merakit sebuah pc . kenapa RAM sama pentingnya dengan processor  karena RAm merupakkan tempat penyimpanan sementara data atau proses yang sedang dilakukkan pada sebuah PC . logikannya gini apabila di dalam PC terpasang RAM yang terpasang kecil maka PC tersebut akan mudah hang  karena perbandingan dengan system yang dijalankkan kurang seimbang namun apabila RAM mempunyai kapasitas yang besar maka PC akan mudah dan lebih ringan dalam melakkuakan beberapa proses . sekarang tergantung untuk kegunaannya apakah pc yang kita buat untuk keperluan sehari-hari tanpa melakkuakn proses yang berat maka cukup memakai RAM yang berkapasitas kecil saja namun apa bila digunakkan untuku\ main game,grafik,editing saya sarankan gunakkan lah RAM yang mempunyai kapasitas yang besar agar pada saat pemrosesan aplikasi yang di jalankan akan lebih ringan dan tidak terjadi hang .
adapun beberapa type umum RAM :

1.SRAM (Static Random aAcces Memory) adalah sejenis memori namun semikonduktor , karena SRAM berbeda dengan RAM
static ram didesain menggunakkan transistor tanpa menggunakkan kapasitor sehingga sram menyimpan isi data pada saat listrik berjalan /terhubung listrik yang berbeda dengan RAM . SRAM tidak membutuhkan refresh periodik dan juga sram didesain menggunakkan desain cluster enam transistor yang berguna untuk menyimpan data setiap bitnya .

2.NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory) merupakkan salah satu jenis memori komputer dengan pengaksesan acak  yang menyimpan file konfigurasi yang dilakkukan oleh firmware seperti bios .
NVRAM tergolong tekhnologi yang manufaktur CMOS sehingga daya yang digunakakn pengaksesannya pun kecil dan NVRAM menggunakkan baterai litium dengan nomor seri CR-2032 dan keistimewaan dari NVRAM adalah data yang disimpan tidak hilang apabila satu daya dimatikkan karena bersifat permanen dan berbeda dengan RAM .

3.DRAM (Dynamic Random Acces Memory)  merupakkan jenis random memori yang menyimpan setiap bit dat yang terpisah dalam kapasitor dalam sirkuit terpadu . adapun kekurangan dari DRAM adalah pada saat data diakses maka data secara tak langsung pun mudah hilang kecuali kapsitor tersebut disegarkan secara berkala .




Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More