Minggu, 20 November 2011

Macam-Macam Kabel

Mungkin bagi orang yang mengerti jaringan pastinya harus tau macam-macam kabel yang akan digunakkan dalam sebuah jaringan dan tidak asal pilih dalam menentukkan sebuah jaringan yang akan disusun  . disni ada beberapa jenis /type kabel yang digunakkan dalam pengguanaannya dan perlu di ingat bahwa kegagalan yang terjadi dalam sutau jaringan komputer disebabkan karena adanya kesalahan media yang digunakkan , termasuk kabel dan konektor .adapun tipe-tipe kabel yang digunakkan didalam jaringan antara lain :


A. Coaxial
ada dua jenis kabel coaxial yang digunakkan dalam jaringan yaitu :
-thick coax(mempunyai diameter yang cukup besar)
-thin coax(mempunyai diameter lebih kecil).
adapun perbedaan dari thick coax dan thin coax adlah
1.Kabbel thick coaxial mempunyai diameter rata-rata 12mm, kabel jenis ini biasa disebut sebagai standard ethernet atau thick ethernet taupun bisa disingkat dengan Thicknet . adapun spesifikasi dari kabel ini apabila digunakakn di dalam suatu jaringan :
  -setiap ujung kabel harus di determinasi dengan terminator 50 0hm
  -maksimum 3 segment dengan peralatan terhubung
  -setiap segment berisi 100 perangkat jaringan, termasuk dalam hal ini repeaters
  -maksimum jarak panjang kabel per segment adlan 1,640 feet(atau sekitar 500 meter)
  -setiap segment harus diberi ground .
2.Kabel Thin coaxial kabel jenis ini banyak digunakkan dikalangan radio amatir, terutama untuk transceiver yang tidak memerlukkan output daya yang besar, kael jenis ini banyak juaga digunakkan RG-* atau RG59 dengan impendansi 75 ohm . apabila akan digunakkan di dalam jaringan harus mengikuti aturan--aturan antara lain :
  -setiap ujung kabel diberi terminator 50 ohm
  -panjang maksimal kabel adalah 606,8 feet(185 meter)
  -setiap segment maksimum terkoneksi 30 perangkat jaringan
  -kartu jaringan cukup menggunakkan transceiver yang onboard .
  -maksimum ada 3 segment terhubung satu sama lainnya .
B.Twisted Pair Cable
selain kabel coaxial , ethernet juga dapt mengunakkan jenis kabel lain UTP(UNshielded Twisted Pair) dan Shielded Twisted Pair(STP) . kabel UTP dan STP yang biasa di gubakkan adalah terdiri dari4 pasang kabel yang terpilih .perangkat-perangkat lain yang digunakkan adalah konektor RJ-45 dan HUB , konektor RJ$% memiliki 8 lubang kabel yang digunakkan dimana masing-masing lubang harus tersusun sesuai type kabel yang akan digunakkan .ada tiga jenis kabel UTP yang digunakkan pada jaringan lokal antara lain Traigh dan Cross -Straight Through cable jenis ini biasanya digunakkan untuk menggunakkan beberapa unit komputer melalui perantara HUB/switch yang berfungsi sebagai penghubung  . Biasanya model straight ini membentuk topologi star (bintang) atau tree (pohon) dengan HUB/switch sebagai pusatnya .
-Cross over cable  , berbeda dengan kabel straight type kabel cross digunakkan untuk komunikasi antar komputer atau dari hub ke hub yang terpenting sama jenis perangkat yang akan digunakkan .
-Roll Over Cable , pada system cisco ada satu cara lain pemasangan kabel UTP yang digunakkan untuk menghubungkan sebuah terminal dan modem ke cisco router seri 2500 access server . cara ini disebut dengan Roll-Over. Kabel Roll-Over tersebut sebelumnya terkoneksi dengan Db-25 Adapter .
C.Fiber Optic Cable 
kabel ini memiliki serat kaca sebagai saluran jaringan untuk menyalurkan sinyal antasterminal sering dipakai sebagai saluran BACKBONE karena kehandalannya yang tinggi dibandingkan dengan coaxial atau kabel UTP. Kabel ini tidak terpengaruh oleh cuaca dan panas .

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More