Kamis, 27 Oktober 2011

DOS APPLICATIONS

APLIKASI DOS

DOS (Disk Operating System) adalah sebuah program untuk mengkofigurasikan perangkat komputer yang dapat menjalankan perintah yang diberikan sebagai masukan. Operasi biasanya umum digunakan MS DOS, karena selain kapasitas kecil juga perintah / sintaks yang digunakan relatif mudah bila dibandingkan dengan sistem lain, tetapi juga pengaturan Anda dapat mengatur perangkat lunak DOS dan konfigurasi hardware kami sesuai apa yang kita inginkan.
Perintah-perintah DOS dikelompokkan menjadi 2 kelompok:

1.Internal Command, perintah yang tidak menggunakan file khusus karena sintaks telah tertampung dalam command.com file yangmisalnya:

a. Perintah dirDigunakan untuk menampilkan isi dari sebuah direktori ke layar.

 Cara penulisan:dir
[drive:] [path] [file apa yang akan di-listing] [/ p] [/ w] [/ a] 
[Drive:]: Menampilkan daftar (listing) isi file dalam drive.
 [Path]: Menampilkan daftar (listing) isi file pada path.[File apa yang akan dilisting]:

b. md / mkdirDigunakan untuk membuat direktori. 

Cara penulisan:md [path] nama_directory 
mkdir [path] nama_directoryc.

c.CD Digunakan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lain.
 Cara penulisan:cd [[path] nama_directory]chdir [[path] nama_directory] 
Name_directory dapat diganti dengan:. : Nama_directory saat ini aktif (pengguna) sekarang... : Nama_directory mana direktori saat ini berada.

d.delete direktori.

 Cara penulisan:rd [path] nama_directoryrmdir [path] nama_directory

e.copyDigunakan untuk menyalin isi dari satu file ke file lain.Cara penulisan:copy [drive:] [path] nama_file_asal [drive:] [path] nama_file_tujuan

f. ren / renameDigunakan untuk mengganti nama file / direktori.Cara penulisan:ren [drive:] [path] nama file / directory_lama[Drive:] [path] nama file / directory_barurename [drive:] [path] nama file / directory_lama[Drive:] [path] nama file / directory_baru

2.External Command , perintah memiliki file sendiri dan tidak lagi pada kapasitas pada file yang command.com

a. FORMAT [format.com]Format perintah yang digunakan untuk format floppy disk yang dapat digunakandalam penyimpanan dan operasi pengolahan data. 

Sintaks:HARD DRIVE: \> FORMAT_DRIVE: [/ spesifikasi ][/..]

b.ATTRIB [attrib.exe]Perintah ini digunakan untuk menambah atau menghapus atribut dari sebuah fileatau beberapa file sekaligus.Sintaks:HARD DRIVE: \> ATTRIB_ [+|-]_[ spesifikasi] _ [nama file]Contoh:A: \> attrib + r *. docA: \> attrib-r + a *. doc

c. CHKDSK [chkdsk.exe]Perintah chkdsk (checkdisk) digunakan untuk melihat informasi dan kondisipada disket.Sintaks:HARD DRIVE: \> CHKDSK_ [drive]: / [spesifikasi] / ..

d.DOSKEY [doskey.com]DOSKEY perintah digunakan untuk menyimpan mengetik dalam aplikasiDos. Jika perintah DOSKEY diaktifkan perintah yang telahdigunakan pada prompt akan disimpan dan dapat diaktifkan kembali.Sintaks:HARD DRIVE: \> DOSKEY

e.EDIT [edit.com]Edit digunakan untuk membuat, melihat, mencetak atau mengeditisi dari file batch, CONFIG.SYS, atau file aplikasi yangASCII berbasis, seperti file ReadMe yang datang pada hampir semuaprogram yang Anda beli. 

Sintaks:HARD DRIVE: \> EDIT

2 komentar:

MANTAB dah tutorialnya yang penting ini tutorial jangan di salah gunakan . . . NICE POST

yuhuuu , thanks gan udah mampirr , .

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More