Minggu, 12 Februari 2012

Virus Komputer

Masih dalam pembahasan yang sama yaitu mengenai Malcode namun saya akan menjelaskan jenis Malcode ini yaitu Virus , tentunya tak asing bukan virus ini ya tentu tidak dalam sehari hari pasti ada virus tetapi untuk kali ini yang kita bahas mengenai virus komputer bukan virus-virus yang lain . Virus adalah sejenis program yang dapat memeperbanyak dirinya sendiri namun apabila digabungkan dengan program lain maka akan menimbulkan kerusakan system .

Macam-Macam Virus :
  1. Virus Boot Sector , virus yang menempatkan diri pada boot sektor dan aktif di memeori
  2. Virus File , Virus yang memanfaatkan file(header file)  untuk menyimpan dan menyebarkan dirinya sendiri ex:file.exe,com,bat
  3. Virus System , virus yang menempatkan dirinya pada system komputer ex:Comand.com,*.Sys
  4. Virus Hybrid, virus gabungan dari beberapa virus
Beberapa virus lokal :
Berdasarkan data dari PT Vaksincom, berikut adalah daftar virus lokal dengan aksi paling  ganas pada kuartal pertama tahun 2007:
  • Babon, 49 KB, mengubah properties dan AM/PM pada jam menjadi tulisan Babon.
  • Aksika (4k51k4), 45 KB, membuat backup MSVBVM60.DLL. disable System Restore, aktif di normal mode, Safemode dan Safemode with  Command Prompt.
  • Coolface, 78 KB, virus Bangka yang ditulis dalam bahasa C++ dan berusaha membasmi semua virus Visual Basic dengan menghapus file MSVBVM60.DLL.
  • KillAV, 22 KB, menyembunyikan semua file MS word dan mengganti dengan dirinya
  • Pendekar Blank, 34 KB, menyembunyikan folder C:\Windows\System32 dan membuat 
  • file duplikat sesuai dengan nama folder yang disembunyikan [system32.exe], membackup MSVBVM60.dll di C:\WINDOWS\system32\dllChache, manipulasi file .com dan .txt sehingga setiap kali dijalankan akan menjalankan virus. 




Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More