Minggu, 20 November 2011

Jenis-jenis Jaringan

Udah lama ngga post gara-gara tugas kuliah yang super numpuk akhirnya bisa blogging lagi , okeh buat post kali ini saya akan membicarakkan Jenis-jenis Jaringan yang sebelumnya saya pernah membahas tentang jaringan  komputer . oke langsung aja kita bahas jenis - jenis jaringan .

secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 yaitu :

1.yang pertama dalam jaringan komputer adalah LAN(Local Area Network) pastinya tak asing bukanmendengar kata Lan . Lan dalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil dan tidak besar, umumnya dibatasi oleh area lingkungan , seperti sebuah kantor,jaringan dirumah,gedung atau tiap-tiap ruangan dikampus-kampus .sdan biasanya berjarak antar node tidak lebih dari sekitar 200 m.
adalah sebuah jaringan yang mencakup area lebih besar dari LAN misalnya antargedung dalam suatu daerah , dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar , sebagai contoh jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya . 
WAn adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakkan wirelles, sarana stelit artaupun kabel serat optic untuk penghubung jangkauannua karena luas, bukkan hanya meliputi satu kotaatau antar kota dalam satu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/ wilayah otoritas negara lain . sebagai contohnya jaringan komputer kantor CIty Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan, Jaringan Atm Master Card, Visa Card atau Cirrus yang terbesar di seluruh dunia .Biasanya WAn lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan dengan LAN maupun MAN , menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan anatara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN,MAN dan WAN , WAn tidak banyak berbeda dalam beberapa hal . Hanya lingkup areanya saja yang berbeda .

dapat disimpulkan bahwa dari jenis-jenis jaringan yang ada hanya areanya saja yang membedakkan besar dan kecilnya suatau jaringan dan kegunaan dari masing -masing jaringan tersebut .

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More